Amerika Serikat Tunduk Kepada Indonesia

Menjatuhkan Bung Karno adalah satu-satunya cara agar Amerika bisa bercokol kuat di Indonesia. Sudah dicoba segala cara agar Bung Karno jatuh, tidak berhasil juga. Dicoba dengan cara ancaman embargo, penghentian bantuan…..ehhh Bung Karno malah teriak, “Go to hell with your aid!”.

Messi tertipu oleh Ronaldinho (sosok yg mirip pemain brazil)

"ungkap messi:" Apa yang kamu lakukan berjalan pada sini untuk melihat saya? "Ketika dia memegang tangan saya, saya berlutut saya [dan membungkuk]. Itu sangat emosional. "

Ketika Indonesia Menjadi Kapitalis ( Rezim Orde Baru )

“Ketika tepat 100 tahun gerakan Zionisme Internasional merayakan kelahirannya, dan salah seorang pengusaha Yahudi dunia bernama George Soros memborong mata uang dollar AS dari pasar uang dunia, maka meletuslah krisis keuangan yang berawal dari Thailand dan terus merembet ke Indonesia.”

visi misi Jokowi-JK dengan Prabowo-Hatta

Jokowi-JK:Prabowo-Hatta: Visi: Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat Visi: Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-Royong.

gadis LOMBOK dan adat sasak

nyongkolan, gendang belek, tari rudat, tari jngger,gamelan, chilokak dan peresean. antara adat budaya sasak yg masih utuh di lombok.

Friday, January 27, 2012

rakyat (malaysia) mengaku sebagai maharaj di indonesia...

Kuala Lumpur (The Star / ANN) - tidak setiap hari yang anda dapat untuk memenuhi trillionaire. Jadi apabila saya telah dijemput untuk wawancara Ashnawi Kamal, orang yang saya tidak pernah mendengar, saya berkata ya.
Pada pagi Sabtu, di rumah Kuala Lumpur kopi bersama-sama dengan dua pembantu Kamal hotel, saya menunggu trillionaire kononnya.
Memakai topi besbol, baju lengan panjang dan seluar jeans, dia sauntered ke meja kami. Kedua-dua pembantu tunduk, menekan tapak tangan mereka bersama-sama untuk dahi mereka seolah-olah royalti ucapan dan mencium tangannya.
  "Kami memanggil beliau Tuanku kerana dia adalah seorang sultan dari Indonesia," kata seorang daripada pembantu berbisik kepada saya.

Menurut Kamal, beliau adalah seorang warganegara Belanda yang dilahirkan di Tanjung Malim, Perak, pada 1 Jan, 1964.
  "Saya keturunan Maharaja China dan di dalam sejarah yang pergi Kusut, keluarga saya melarikan diri dari China ke Kedah. Saya mengesan keturunan saya kepada keluarga diraja China, India, Jawa dan Siam," mendakwa orang yang juga dikenali sebagai Raden Mas Prabhu TIKI Agung Ki Asmoro Wijoyo.
  "Saya membesar di Tanjung Malim dan keluarga saya di sini adalah sangat mudah dan biasa Tiada siapa dalam ceramah keluarga saya kira-kira darah diraja kami dan kekayaan Tetapi nenek saya pernah memberitahu saya:." Anda seorang yang istimewa dan apabila tiba masanya, anda akan tahu . "
Ia adalah di Belanda pada tahun 1980-an bahawa Kamal "mendapati yang dia benar-benar". Seseorang anggota keluarga diraja Malay, ditendang keluar negara oleh Presiden Sukarno, memberitahunya beliau adalah darah diraja.
Di London pada awal tahun 1990-an, seorang peguam kepada Kamal tentang kekayaan besar-besaran keluarga diraja. Tidak yakin, katanya kepada peguam untuk membuktikan dakwaan-Nya.
Dia dan peguam terbang dari London ke Hong Kong untuk memenuhi "penjaga khazanah diraja". Dari situ, Kamal dan penjaga mengembara ke Kunming di China.
Mereka hiked gunung selama empat jam dan mencapai gua yang dijaga oleh pasangan tua yang, Kamal berkata, abadi.
"Jika anda cuba untuk lulus tanpa restu mereka, anda akan batuk darah dan mati," katanya.

Di dalam gua tiga meter tinggi, Kamal melihat bar emas yang disusun seperti pagoda, US $ 15 juta dalam jed dan $ 10 juta dalam berlian dan susunan dolar AS.
"Saya mengambil bar emas dan mengetuk batu. Ia benar-benar emas. Khazanah kekayaan dinasti-dinasti yang memerintah China. Kekayaan mereka juga yang disimpan di gunung lain dan dalam peti besi di seluruh dunia," katanya.

Kira-kira tiga tahun lalu, apabila Kamal menonton filem National Treasure dari Nicholas Cage, dia ketawa.

"Khazanah dalam filem adalah kecil berbanding dengan kekayaan yang saya lihat dalam gunung," katanya.

Seterusnya, Kamal memberitahu mesyuarat dua tahun lalu di Kuala Lumpur dengan Dr Wong Eng Po, seorang doktor diraja dari China.

Dr Wong meletakkan tangannya di atas kepala botak Kamal, maka dengan serta-merta tunduk di hadapan Kamal dan mengarahkan pengikut lima untuk melakukan perkara yang sama.

"Beliau berkata saya adalah penjelmaan semula Maharaja Nurhaci (1661-1626) China. Dia dapat merasai satu tenaga di atas kepala saya yang telah luarbiasa kerana maharaja, tidak seperti manusia biasa, untuk berfikir.

"Saya penjelmaan semula dua maharaja China," tambah Kamal.

Beliau menjelaskan bahawa beberapa tahun yang lalu, keluarga diraja membuat keputusan beliau akan menjadi pentadbir tunggal kekayaan diraja yang disimpan di dalam akaun rahsia dalam kira-kira 1,000 bank-bank di seluruh dunia.

"Ini bermakna bahawa 86,7% daripada wang dunia kepunyaan saya," katanya.

Mengambil keluar folder beberapa, Kamal berkata: "Anda bertuah, saya membawa dokumen-dokumen."

Beliau menghasilkan kertas bersaiz A4 dengan gambar-gambar khazanah, pasangan yang abadi dan beberapa huruf "rasmi-cari" didakwa dari HSBC mengesahkan dia mempunyai akaun 5000.000.000.000 € ($ 6.5 trilion).

"Itu adalah jumlah kecil. Saya mempunyai lebih banyak wang dalam bank dan institusi-institusi dan lain-lain," katanya.

Saya tertanya-tanya mengapa nama beliau tidak muncul dalam senarai orang terkaya dunia Forbes. Dan syak wasangka yang tinggal kira-kira dakwaan-Nya.

Walau bagaimanapun, saya tidak dapat mengesahkan dokumen-dokumen itu kerana bank telah ditutup untuk Tahun Baru Cina.

Kamal telah tidak membuat apa-apa pengeluaran daripada akaun sebagai "ia tidak wang yang anda boleh bergerak seperti itu".

"Wang adalah di bawah kawalan Indonesia, Jerman, Britain, Amerika Syarikat dan Bank Pusat Euro dan saya punya pergi lancar dengan mereka," katanya.

"Saya tidak boleh menggunakan wang itu secara langsung tetapi saya akan melabur dalam projek-projek tertentu. Seperti 3000.0000.000.00 € padang pasir hijau di China."
Ingin tahu, saya ditanya apa perbezaan antara jutawan dan trillionaire.

Beliau menjawab: "jutawan perlu menunjukkan beliau mempunyai wang Tetapi bagi saya, saya tidak perlu untuk menunjukkan bahawa saya mendapat wang saya boleh melakukan perjalanan dalam bas, saya boleh memakai selipar...."
Dilahirkan dalam tahun naga, Kamal percaya bahawa 2012 adalah tahun beliau. Pada bulan Mac, beliau berkata beliau akan berunding dengan institusi-institusi seperti IMF untuk diiktiraf sebagai Maharaja Indonesia.
Dia kata dia kaya. Tetapi cerita hanya boleh kaya.

Mari kita berharap dia tidak lain Elie Youssef Najem, jutawan kononnya Lubnan yang menjadi tajuk utama akhbar untuk semua sebab-sebab yang salah.
SUMBER: http://my.news.yahoo.com/quirky-asia-enter-emperor-indonesia-041004287.html

Telkomsel Hadirkan iPhone 4S

MARKETING,Jakarta-Telkomsel mengumumkan penjualan perdana iPhone 4S di graPARI Gandaria City,Jakarta selatan (27/1). Iphone 4S merupakan ponsel pintar yang sejak lama dinantikan pecinta gadget tanah air. Kasak-kusuk tentang gadget ini cukup mencuat di berbagai forum maya.


Mengusung teknologi perintah suara bernama Siri, yang mampu memahami berbagai pertanyan sekaligus berfungsi sebagai asistan pribadi, iPhone 4S akan memberi pengalaman baru dalam berkomunikasi bagi penggunanya.
Ponsel pintar ini mengandalkan prosesor dual-core dengan chipset Apple A5 dan IOS 5 yang mnghadirkan kecepatan dan performa tinggi. Dilengkapi kamera yang mendukung format high definition (HD), iPhone 4S menghadirkan lebih dari 200 fitur baru, termasuk aplikasi komputasi awan, iCloud yang memungkinkan penyimpanan data untuk dibagi bersama penguna iPhne, iPad, iPod, Mc, atau PC secara mudah.

Telkomsel menawarkan paket bundling iPhone 4S untuk 16 GB, 32GB, dan 64GB mulai dari Rp 699 ribu, Rp, 1,899 juta, dan Rp 3,099 juta, sesuai dengan syarat ketentuan yang berlaku. Sedangkan harga dari iPhone 4S sendiri untuk yang 16 GB, sebesar Rp 7,7 juta, lalu 32 GB, seharga Rp 8,8 juta, dan 64GB, senilai Rp 9,9 juta.

Saat ini Telkomsel memiliki pelanggan iPhone sebesar 150 ribu. Untuk penjualan perdana ini, Telkomsel menyediakan 1000 unit iPhone 4S. Untuk kenyamanan menggunakan layanan mobile broadband Telkomsel juga didukung dengan 44 ribu BTS, dan 9000 BTS 3G. Edward Ying, Direktur Niaga Telkomsel mengatakan, hadirnya iPhone 4S merupakan padanan serasi antara perangkat iPhone terbaik dengn jaringan selular terbaik. “Karena itu sungguh tepat bila kami mengusung kata-kata “Perfect Match” sebagai gamabaran ketepatan sinergi yang terjali,” tandasnya.

Andri Darmawan

Filed in: Headline, Seputar Marketing

Kolaborasi dengan Naga!

Membaca karya Ming Zeng & Peter J. Williamson (Dragons At Your Door, How Chinese Cost Innovation Is Disrupting Global Competition, 2007) memang sempat membuat bulu kuduk berdiri. Bagaimana kita bisa membuat barikade yang solid untuk membendung “naga-naga” itu? Mereka bukan lagi berdiri di depan pintu dan mengetuk.

Tapi niscaya juga bakal menggedor dan mendobrak pintu-pintu kita, lalu menerobos masuk. Dan itu bukan akan terjadi, untuk banyak kasus bahkan sudah terjadi beberapa tahun yang lalu.

Selain menerobos masuk lewat produk, naga-naga itu—kalau perlu—juga akan masuk lewat merger & acquisitions. Ratusan perusahaan di Eropa dan Amerika sudah jadi menu sarapan, lunch, dan dinner mereka.

Debut para naga ini di antaranya: Wanxiang (komponen otomotif) yang sedang mengincar Deplhi dan juga berambisi untuk membangun mobil dengan brand-nya sendiri, BYD yang merupakan produsen rechargable battery nomor 2 di dunia serta China International Marine Containers (CIMC) Group, yang sudah jadi nomor 1 dunia dalam soal volume sejak tahun 1996 lalu dengan 55% porsi pasar kontainer perkapalan dunia.

Lalu ada Shanghai Zhenhua Port Machinery Company (ZPMC), yang menguasai 54% market share dunia untuk cranes di pelabuhan. Dan Pearl River Piano, yang merebut 15% pasar Amerika Utara (dan 40%-nya adalah pangsa kelas atas) hanya dalam tempo 5 tahun.

Jika perusahaan pesaing didukung oleh pemerintah negara asalnya, memang akan membuat medan pertempuran—rasanya—jadi berat sebelah. Namun itulah kenyataan yang dihadapi oleh perusahaan Indonesia yang berniat go global.

Lalu bagaimana? Berhenti bertindak dan menangisi nasib? Tentu tidak! Memang Indonesia Inc. masih jauh dari kenyataan. Berhadapan dengan China Inc atau Singapore Inc bukan soal gampang. Namun perusahan lokal Indonesia tidak bisa tinggal diam. Kita mesti berubah, atau mati (change or die!). Mari hadapi kenyataan, confronting the brutal-facts, demikian saran Jim Collins untuk menjadi Good to Great company.

Dengan kondisi yang kita punya saat ini, para pebisnis Indonesia mesti mengasah nalar manajemen bisnis menjadi radar screen yang peka menangkap sinyal-sinyal perubahan global yang terjadi. Disiplin untuk terus melakukan analisis lingkungan bisnis global, serta tak hentinya bertanya apa relevansi semua perubahan itu terhadap organisasi, menjadi imperatif.

Keterampilan menggunakan pelbagai alat-alat manajemen mutakhir (seperti analisa PEST, Porter 5 Forces, TOWS, Value Net, Priority Matrix, Value Maps, dan lain-lain) perlu terus diasah lewat pembiasaan praktik manajemen sehari-hari para eksekutifnya. Disiplin manajerial ini niscaya membawa kompetensi organisasional yang mampu mendeteksi peluang-peluang global yang—jika dieksekusi dengan strategi yang tepat—bisa memperkuat model bisnis (revenue-cost-profit) perusahaannya.

Tidak ada jalan pintas! Disciplined people, disciplined thought, and disciplined action (Jim Collins, 2001), yang menjelma menjadi budaya disiplin itulah yang kita perlukan.

Jika kita simak sungguh-sungguh hasil studi mendalam Zeng & Williamson tentang kisah sukses China dengan kiat Cost Innovativeness-nya bisa menguasai pasaran global adalah lantaran mereka disiplin dan cekatan membaca peta perubahan situasi global.

Apa yang katakan Thomas Friedman: The World Is Flat, oleh karena didorong oleh teknologi, dunia jadi semakin datar. “Playing field”-nya menjadi seimbang buat mereka yang disiplin untuk mengabsorb global-knowledge yang tersaji bagi siapa saja lewat infrastruktur teknologi informasi.

“The second reason is that beyond their brains and brawn, these new workers have access to an ever-increasing proportion of the world’s accumulated knowledge and technology.” Demokrasi informasi global! Dipicu oleh kesempatan untuk mengakses dan menyerap teknologi baru inilah maka produktivitas di China meningkat 17% per tahun sejak 1995 (di luar layanan publik yang langsung diberikan oleh negara).
Banyak perusahan global (di antaranya P&G, IBM, Boeing), setelah tahu tidak akan mampu “melawan” para naga ini di kancah global, mereka putar arah dengan strategi kolaborasi untuk ikut memanfaatkan keunggulan daya saing inovasi biaya dengan masuk ke China dan sekaligus menggandeng partner-partner yang pas untuk bersama-sama bertempur di pasaran global dari China.
Yang pasti, kesempatan yang muncul akibat dunia yang semakin datar juga berlaku buat para pebisnis Indonesia. Seberapa pekakah radar kita menangkap peluang dan bukan cuma terbentur dengan ancaman? (Marketing.co.id)

Filed in: Andre Wenas, Headline, Newsticker, Seputar Marketing

(18SX) photo aishwarya Rai tanpa chelana dalam menyebar di internet


AWAS!! photo ini | hanya untuk ttontonan| 18 tahun sahaja |




Memberdayakan Servis Para Sales Team

Memilah-milah CRM menjadi sebuah divisi atau departemen yang sifatnya operasional sangat costly. Mengapa? CRM adalah sebuah kebijakan yang mengatur strategi meloyalkan pelanggan. Tujuannya jelas, masa depan perusahaan tergantung pada pelanggan. Tanpa pelanggan perusahaan tidak bisa eksis. Semakin lama semakin sulit dan semakin mengeluarkan biaya dalam mencari pelanggan baru. Oleh sebab itu, lebih baik mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Muncullah kebijakan CRM untuk memastikan budaya mempertahankan pelanggan juga terpelihara dalam perusahaan.

CRM harus dimulai ketika melakukan akuisisi pelanggan dan dimulai pula dari sales team. Persoalaannya, sales team punya tolok ukur tradisional yakni keberhasilan pencapaian sales target. Pelatihannyapun ditujukan bagaimana meningkatkan skills untuk mencapai target. Target, target dan target, itulah yang ada di benak sales team. Insentifnya pun didesain untuk mencapai sales target. Akibatnya segala trik dan taktik diterapkan untuk melakukan closing. Tidak peduli apakah pelanggan butuh atau tidak butuh, yang penting target bulan ini tercapai. Selain itu digunakan cara apapun untuk menutup negosiasi dengan cara membuka kwitansi. Ini cara-cara klasik perusahaan yang tidak berorientasi pada pelanggan.
Perusahaan yang berorientasi pada pelanggan tentunya akan sangat mengerti untuk tidak mengorbankan kepentingan pelanggan. Karena orientasinya memuaskan pelanggan, maka closing saat ini bukan menjadi sesuatu yang harus dikejar. Investasi di hubungan dengan pelanggan, dan membangun trust selalu menjadi pondasi relationship yang menyebabkan pelanggan mau kembali dan kembali lagi. Perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan akan menambahkan parameter – parameter lain sebagai tolok ukur keberhasilan sales team. Sales target, service level, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan lain-lain menjadi sebuah acuan keberhasilan.

Training dan pengembangan ditujukan untuk membentuk budaya penjualan yang berintegritas. Artinya, penjualan hanya dilakukan jika pelanggan diketahui memang membutuhkan solusi atas jasa dan barang yang dijual. Fokus di sini adalah solusi yang diberikan kepada pelanggan. Penjualan tidak lagi hanya bergantung pada gimmick tetapi lebih kepada kebutuhan pelanggan. Pendekatan eksplorasi kebutuhan pelanggan menjadi sangat kritikal. Negosiasi dan closing hanya sebuah tahapan yang harus dilalui namun tidak menjadi yang utama dalam budaya selling yang berintegritas ini.

Kata kunci CRM ada di integritas. Jika para sales team tidak hanya memikirkan dirinya sendiri dan membantu sepenuhnya untuk memberikan solusi atas permasalahan pelanggan maka hubungan yang dibangun dengan pelanggan merupakan hubungan yang saling menguntungkan dan berjangka panjang. Bayangkan saja jika ada departemen CRM yang bertujuan membangun trust dan ada pula departemen sales yang bertujuan melakukan closing ada pula departemen servis yang bertujuan memberikan after sales service, dimana ketiganya punya kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda, apakah ini bukan menjadi suatu pemborosan? Mungkin isu utama bukan di soal pemborosan sumber daya namun lebih kepada ketidak efektifan. (www.marketing.co.id)

Pemasaran (Ber)Buntut Panjang…

Gonjang-ganjing perubahan global. Tatkala Alvin Toffler merilis Future Shock di tahun 1970, dunia sudah diingatkan bahwa: “Behind such prodigious economic facts lies that great, growling engine of change—technology.” Memang bukan cuma teknologi semata, namun ”…technology is indisputably a major force behind the accelerative thrust.”

Aspek lain dari komponen PEST selain Teknologi adalah Politik, Ekonomi dan Sosial. Akhir-akhir ini, aspek lingkungan hidup (environment) menjadi krusial untuk dicermati sebagai salah satu change driver penting. Apalagi setelah Al Gore menang Oscar dengan film presentasinya, Inconvenient Truth.
Memasuki milenium ketiga, kembali didorong oleh teknologi, muncul sebuah fenomena ekonomi baru yang dikenal dengan nama fenomena buntut panjang (The Long Tail). Kurva permintaan bisa berjuntai panjang. Konsep PLC (product life cycle) tradisional yang kita kenal biasanya berbentuk lonceng (bell-shape), ujung kanan kurvanya bisa saja terus mengalir datar panjang sekali, karena itulah disebut buntut panjang.

Teknologi internet yang membawa demokrasi informasi (pengetahuan) telah membuka banyak pintu kemungkinan bagi banyak orang untuk menawarkan (supply side) solusinya—dan sebaliknya juga: banyak orang mencari (demand side) solusi kepada/dari banyak orang (from/to many to/from many), 24 jam sehari tanpa batasan geografi! Limitless-borderless.
 Hampir empat dasawarsa setelah Alvin Toffler menulis Future Shock, pemimpin redaksi majalah Wired, Chris Anderson merilis bukunya yang berjudul: The Long Tail, How Endless Choice is Creating Unlimited Demand (diterbitkan oleh Random House Business Book, London, 2007). Suatu kajian menarik tentang ekonomi yang didorong oleh kemampuan (baca: kesaktian) internet yang mendobrak dinding-dinding ruang dan waktu.
 Coba lihat kemampuan 3 fenomena ekonomi digital ini: Rhapsody (digital music), Netflix (downloadable DVD) dan Amazon.com (yang ini kita sudah akrab!) dalam hal kapasitas inventory-nya, yang sesungguhnya—secara virtual—tanpa batas! Pada tahun 2006, sewaktu Chris Anderson menyelesaikan bukunya, tercatat: Rhapsody menampung sekitar 1,5 juta track; Netflix menampung sekitar 55 ribu judul DVD; dan Amazon.com menawarkan 3,7 juta judul buku.

Bandingkan dengan retailer musik dan video terbesar di Amerika, yakni Wal-Mart yang memotong inventory-nya dengan “hanya” menawarkan sekitar 4.500-an judul CD, yang biasanya juga merupakan top-hits!
Lihat pula toko buku raksasa sekelas Borders dan Barnes&Noble (di Amerika) yang tiap tokonya “cuma” menawarkan sekitar 100.000-an judul buku. Yah, hanya “segitulah” kemampuan inventory mereka. Dan ini adalah logika-dagang yang lumrah saja.

Dalam perhitungan Wal-Mart, 200 album musik teratas (Top-200) telah menyumbang lebih dari 90% total penjualan segmen musiknya. Prinsip Pareto (80/20) masih berlaku untuk model ekonomi brick & mortar. Ngapain juga membebani inventory dengan “barang-barang” yang seret penjualannya? Namun, dalam model ekonomi brick & click (era-internet), yang muncul adalah hukum 98%, dari 100 judul yang di-launch, 98 judul akan terus ada permintaannya (long-tail demand-curve), walaupun mayoritas tidak sebesar permintaan judul-judul yang top-hits. Inventory bukan menjadi beban, tapi malah menjadi offering-enrichment! Varian tawaran yang—hampir—tak terbatas!

Memang tidak semua produk bisa mengalami kurva permintaan buntutpanjang. Namun sesungguhnya ada banyak insights dari kasus bisnis seperti Amazon.com dan eBay yang menjual physical-goods; lalu iTunes, iFilm, Rhapsody dan Netflix yang memang menjual digital-goods, ada lagi Google, Craiglist dan Wikipedia yang menawarkan advertising, jasa dan informasi-pengetahuan, sampai mereka yang menawarkan komunitas (user-created content) seperti MySpace dan Bloglines.

Tak urung Jack Welch, legenda dari GE, pernah minta pada para eksekutifnya untuk membuat bukan cuma sekedar website dari lini bisnisnya masing-masing. Dia bilang, “Embrace the Net. Bring me a plan how you are going to transform your business beyond adding an Internet site.” Bill Gates menambahkan, “The internet is not just another sales channel. The future company will operate with a digital nervous system.”
Apa yang bisa Anda raih dari fenomena The Long-Tail ini? Lansekap bisnis sedang bergeser. Pemasaran—saat ini—jadi (ber)buntut panjang!

Filed in: Andre Wenas, Headline, Newsticker, Seputar Marketing

7 Langkah Menumbuhkan Organisasi Penjualan

Marketing.co.id- Republik kita yang tercinta saat ini sedang jungkir balik melakukan segudang uji coba dalam menghadapi berbagai bencana alam (banjir, lumpur Lapindo, gempa bumi, gunung meletus), bencana transportasi, budaya demo ketidakpuasan, dan “ekonomi akarrumput” masih tertidur pulas. Hal ini terjadi karena masyarakat merasa tidak tahu lagi dan kurang bisa menerima kondisi yang seharusnya berubah namun tetap jalan di tempatl; begitu pula sebaliknya, yang seharusnya diam malah diutak-atik untuk diubah.


Kekacauan dan carut-marut terus terjadi. Banyak perusahaan gulung tikar tanpa sebab yang jelas atau adanya tanda-tanda dini, juga mulai terjadi merger di antara perusahaan-perusahaan raksasa, banyak spekulan raskin (beras untuk rakyat miskin), belum lagi Jakarta memperoleh “anugerah” sebagai kota dengan sebutan kolam renang terbesar di dunia akibat banjir bandang Februari Tahun 2007 lalu.

Tantangan Komersial

Perubahan untuk melakukan perbaikan sudahlah usang. Saat ini yang perlu dilakukan adalah perbaikan menuju kualitas unggul yang total dalam berbagai hal, meliputi kualitas produk, pelayanan, after sales service, komunikasi dan promosi hingga distribusi. Situasi ini jelas membuat pasar semakin tersegmentasi, terpecahpecah dan butuh spesialisasi; pilihan pelanggan semakin luas tak terbatas; tuntutan semakin melangit, menuntut kualitas handal, harga bersaing serta respon super kilat yang mengakibatkan isolasi ataupun proteksi diri sudah berakhir sehingga kepastian komersial menjadi tuntutan yang saat ini tidak bias dihindarkan.

Bila kita bicara komersial, sudah sepatutnya hal ini menjadi budaya yang harus diterapkan di internal perusahaan mulai dari karyawan paling bawah hingga pimpinan puncak—dan eksternal perusahaan, yaitu para pemasok maupun pelanggan-pelanggan yang tersebar di setiap penjuru. Bila kita bicara perusahaan yang mampu menantang badai di dunia penjualan dalam situasi yang carut-marut seperti ini, maka diperlukan tujuh syarat yang perlu menjadi perhatian.

Pertama, struktur organisasi penjualan yang ramping, sehingga produktivitas setiap man power-nya sangat tinggi. Hal ini bukan semata-mata karena tuntutan kompetensi yang unggul, namun juga agar biaya operasi penjualan menjadi efisien. Dan yang tidak boleh dilupakan, kemungkinan ngerumpi dan menghasut di antara mereka menjadi semakin minim.

Kedua, diferensiasi dalam hal strategi (pemasaran dan promosi, penjualan, distribusi, pelayanan, pembayaran, harga dan kewenangan pejabat setempat) yang mengacu kepada kebijakan lokal sesuai dengan tuntutan di masing-masing kantong pasar; dan tentunya tidak menjadikan hilang kendali ataupun munculnya kekacauan yang tidak seharusnya. Jadi, buanglah keputusan yang sentralistik.

Ketiga, responsif, adaptif dan kecepatan dalam melakukan proses pemesanan barang hingga pengiriman dan pelayanan purna jual. Dengan kata lain, pangkaslah birokrasi yang menghambat dan memperburuk pelayanan.
Keempat, ciptakan perang nilai (value war), di mana bukan saja selalu bertarung dalam harga dan diskon tetapi perlu memerhatikan peningkatan kualitas produk, kecepatan pengambilan keputusan serta pengiriman dan keunggulan pelayanan. Keempat faktor tadi sudah menjadi kesatuan dan saling berkait sehingga budaya dan strategi price war bergeser menjadi value war.

Kelima, selalu berorientasi strategi peningkatan penjualan tidak hanya dengan “vertical selling strategy” tetapi harus dilengkapi dengan “horizontal selling strategy”, sehingga kemampuan mencari ceruk pasar baru, sales & distribution point baru, dan prospek baru menjadi suatu strategi yang mendasar—bukan hanya secara kebetulan atau musiman semata.
Keenam, langkah lebih inovatif akan menciptakan budaya dan mencari jalan selalu untuk unggul dalam berbagai bidang. Hasil unggul ini bisa diperoleh bila selalu melakukan benchmark secara berkala, melakukan audit penjualan, audit pemasaran dan audit kepuasan pelayanan. Ketujuh, lebih bernilai tambah dengan cara melakukan pelatihan bagi setiap jajaran penjualannya dengan topic yang tepat oleh pelatih yang tepat, berlandaskan kesenjangan yang terjadi, serta program kaderisasi maupun rencana karier yang terstruktur dan terprogram dengan baik.
Tenaga sales dan customer service itulah pahlawan, jika mereka berprestasi sebagai pahlawan, perlakukanlah mereka sebagai pahlawan juga.

Oleh : Mindiarto

Filed in: Headline, Kolom Pakar, Mindiarto, Seputar Marketing

Wednesday, January 25, 2012

Di Jawa Timur, pria mendaki jalan yang curam membawa beban berat batu belerang dari mulut gunung berapi.



Di zaman teknologi sekarang ini adalah tenaga kerja manual berat menghilang atau hanya menjadi tidak terlihat?

Pekerjaan fisik pernah dirayakan dengan nyanyian pujian. Namun para pekerja hari ini harus menjadi puas dalam pengetahuan bahwa kerja keras mereka adalah lebih baik daripada tidak bekerja sama sekali.

Kematian Manusia Kerja melihat keadaan pekerjaan fisik di seluruh dunia saat ini. Pekerjaan yang membosankan, menuntut dan, di kali, berbahaya.

Dalam episode ini, kita mengunjungi Jawa Timur di Indonesia, dimana laki-laki memanjat jalan curam di tengah uap menyengat membawa beban berat batu belerang dari mulut gunung berapi untuk mencari nafkah.

Hal ini dapat menjadi pekerjaan berbahaya. Sebagai satu orang berkata: "Saya bisa memberitahu Anda persis bagaimana terjadi dengan seorang teman Dia mematahkan potongan belerang Dia tiba-tiba terpeleset dan jatuh ke belerang mendidih dan dibakar sampai mati..."

Dihempas Gelombang, Kapal Feri Terdampar Saat Menuju Lombok

Mataram - KMP Andika Nusantara yang berlayar dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat nyaris karam diterjang gelombang tinggi. Kapal akhirnya terdampar dan berlabuh darurat di sebuah pulau kecil satu jam perjalanan sebelum sampai Pelabuhan Lembar.

Humas Kantor SAR Mataram, Putu Cakra Ningrat yang dihubungi detikcom, Rabu (25/1/2012) malam mengatakan, kapal feri itu harus berlabuh darurat di Gili Awah, yang masuk wilayah Desa Kores Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.
"Kami menerima laporan tadi jam dua siang. Tim kami kini sudah tiba di lokasi dan dibantu oleh masyarakat dan nelayan sekitar saat ini sedang melakukan evakuasi penumpang," kata Cakra.
Prioritas sementara kata Cakra adalah evakuasi penumpang. Sementara untuk muatan kapal berupa kendaraan dan barang lainnya belum tersentuh.
"Kapal memang harus berlabuh darurat di Gili Awah. Kalau tidak kapal akan karam. Kapal sudah dalam keadaan miring," kata Cakra.
Informasi yang dihimpun detikcom, kapal berangkat dari Pelabuhan Padangbai pukul 11.30 Wita. Baru setengah perjalanan kapal dihempas gelombang tinggi. Akibatnya muatan kendaraan dalam kapal bergeser, sehingga kapal miring.

Sekitar pukul 14.10 Wita kapal akhirnya terseok-seok dan berhasil berlabuh darurat di perairan Gili Awah, satu jam sebelum sampai di Pelabuhan Lembar.

Sementara disebutkan, kapal mengangkut 201 penumpang, 55 sepeda motor dan 19 kendaraan roda empat diantaranya truk dan bus.
Rute penyeberangan Lembar menuju Padangbai sendiri saat ini sedang ditutup menuyusul cuaca buruk di Selat Lombok. Tinggi gelombang mencapai 2,5 meter dengan kecepatan angin hingga 32 knot. BMKG Mataram menyatakan perairan berbahaya untuk pelayaran.

sumber,, Kusmayadi - detikNews

Kabar Badai Matahari Bahayakan Pengguna HP, Hoax!


Jakarta - Beredar pesan melalui SMS dan BlackBerry Messenger (BBM) nanti malam pukul 23.00 WIB akan terjadi puncak badai Matahari. Saat peristiwa terjadi, suhu Bumi akan meningkat dan berbahaya jika menggunakan HP. Namun pesan ini hoax alias kabar bohong.
"Bahwa akan ada radiasi dari Matahari yang membahayakan dan bisa merusak perangkat telepon, jadi jangan menelepon malam nanti, itu kabar bohong," kata Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (25/1/2012).
Dia menjelaskan secara umum badai Matahari terjadi pada 23 Januari dan dampaknya dirasakan pada 24 Januari pukul 21-22.00 WIB. Peristiwa hanya berlangsung beberapa jam, setelah itu keadaan kembali normal. Umumnya fenomena alam ini berdampak pada orbit satelit. Namun menurut Djamaluddin sejauh ini belum ada laporan gangguan pada satelit.
"Manusia di Bumi dan perangkat teknologi yang digunakannya aman dari dampak badai Matahari, betapa pun kuatnya. Karena Bumi dilindungi magnetosfer atau lapisan magnet dan terlindungi dari radiasinya karena ada atmosfer," jelas alumnus Universitas Kyoto, Jepang, ini.


Ditambahkan dia, yang cukup berbahaya saat badai matahari terjadi adalah ketika astronot berada di laboratorium antariksa. Maka itu ketika peristiwa itu terjadi, astronot diminta masuk ke ruang yang aman. Badai Matahari juga bisa mengancam penumpang pesawat yang melintasi wilayah kutub, karenanya pesawat lintas kutub dialihkan jalurnya.
"Orang yang menggunakan telepon, penerimaan siaran TV, ATM yang menggunakan satelit tidak terganggu. Yang terganggu adalah terputusnya layanan satelit. Tapi sepertinya kemarin tidak ada laporan," ucap Djamaluddin.

Dijelaskannya, badai Matahari pertama yang tergolong cukup kuat berupa ledakan flare berskala M8-9. Untuk ini ada yang menyebut M8,3 atau M8,7 atau M9. Ledakan terjadi pada 23 Januari 2012 pukul 03.59 UT atau 10.59 WIB. Kelas M tersebut sebenarnya tergolong kelas menengah.
Meski demikian, kelas M ini mendekati kelas ekstrem atau X, sehingga cukup berdampak pada Bumi. Flare berasal dari daerah aktif NOAA 1402 berupa bintik matahari besar di kanan atas piringan Matahari dan tampak sebagai letupan terang.

Djamaluddin menambahkan flare diikuti CME atau Coronal Mass Ejection, yakni lontaran massa dari korona matahari, terutama proton dengan kecepatan tinggi. Kecepatannya mencapai 1.400 km/detik. Lontaran massa ini diperkirakan menjangkau jarak sepanjang Pulau Jawa hanya dalam waktu satu detik. Partikel bermuatan dari Matahari itu tampak seperti hujan salju, yang berarti mengarah ke arah Bumi. Partikel tersebut baru mencapai Indonesia pada 24 Januari malam.

                         ditulis oleh:Nurvita Indarini - detikNews


banyak lagi disini:>>>>

Tuesday, January 24, 2012

inilah markas baru Facebook di Menlo Park, California


Seorang karyawan menulis catatan pada papan pesan di markas baru Facebook di Menlo Park, California 11 Januari 2012.
Karyawan akan ditampilkan dalam lingkungan mereka bekerja di markas baru Facebook di Menlo Park, California 11 Januari 2012.

Karyawan berkumpul di meja layanan IT di markas baru Facebook di Menlo Park, California 11 Januari 2012.

Seorang karyawan bekerja di salah satu dari banyak "cozies," kecil, ruang konferensi pribadi tampil di markas baru Facebook di Menlo Park, California 11 Januari 2012.

Karyawan memilih untuk duduk atau berdiri saat bekerja di markas baru Facebook di Menlo Park, California 11 Januari 2012.


Karyawan bekerja di daerah operasi pengguna internasional di markas baru Facebook di Menlo Park, California 11 Januari 2012.

Badai matahari besar hit Bumi (gambar dan video terkini)

Ini gambar handout yang disediakan oleh NASA, diambil Minggu malam, 22 Januari 2012, menunjukkan solar flare meletus di belahan timur laut Sun. Ruang pejabat cuaca mengatakan badai matahari terkuat dalam lebih dari enam tahun sudah membombardir Bumi dengan radiasi dengan lebih untuk datang. Prediksi Cuaca Ruang Pusat di Colorado diamati malam suar Minggu pukul 11 ​​pm EST. Fisikawan Doug Biesecker mengatakan kekhawatiran terbesar dari letusan cepat adalah radiasi, yang tiba di Bumi satu jam kemudian. Ini mungkin akan terus melalui Rabu. Itu sebagian besar masalah kesehatan astronot 'dan gangguan satelit. Hal ini dapat menyebabkan masalah komunikasi untuk pesawat terbang yang pergi ke kutub. (AP Photo / NASA)

Sebuah suar surya kuat telah melepaskan badai radiasi terbesar sejak 2005 dan dapat mengganggu beberapa komunikasi satelit di daerah kutub, cuaca antariksa AS mengatakan Senin monitor.
Solar Dynamics Observatory menangkap suatu flare M8.7 kelas dalam foto handout yang dirilis oleh NASA, 23 Januari 2012. Suar ini ditampilkan di sini dalam teal karena itu adalah warna yang biasanya digunakan untuk menunjukkan cahaya dalam panjang gelombang 131 Angstrom, panjang gelombang di mana mudah untuk melihat jilatan api matahari. Suar itu dimulai pada 10:38 ET pada 22 Januari 2012, memuncak pada 10:59 dan berakhir pada pukul 11:34. REUTERS / NASA / SDO / AIA / Handout

Acara dimulai Minggu malam dengan suar surya berukuran sedang yang meledak tepat di dekat pusat Matahari, kata Doug Biesecker, seorang ahli fisika dengan National Oceanic and Atmospheric Administration Prediksi Cuaca Space Center.
Ini gambar yang disediakan oleh NASA menunjukkan solar flare seperti sunspot 1105 adalah berpaling dari Bumi pada 8 September 2010 daerah aktif meletus, menghasilkan solar flare dan menonjol fantastis. Letusan juga melemparkan sebuah mass ejection terang koronal ke ruang angkasa. Letusan itu tidak diarahkan ke planet-planet.

 
"Suar itu sendiri tidak ada yang spektakuler, tapi itu dikirim dari sebuah mass ejection yang sangat cepat koronal bepergian empat juta mil per jam (6,4 juta kilometer per jam)," katanya kepada AFP.
Sebuah terburu-buru radiasi dalam bentuk proton matahari sudah mulai membombardir Bumi dan kemungkinan akan berlanjut sampai Rabu.
Badai radiasi adalah yang terbesar dari jenisnya sejak tahun 2005 tetapi masih hanya peringkat tiga pada skala satu sampai lima, cukup untuk dianggap "kuat" tetapi tidak "parah," tambahnya.
NOAA mengatakan, situs yang peringkat S3 berarti "itu bisa, misalnya, menyebabkan reboot terisolasi komputer onboard satelit Bumi yang mengorbit dan mengganggu komunikasi radio kutub."
Biesecker mengatakan bahwa ketika datang ke badai radiasi, daerah kutub yang paling terpengaruh.
Misalnya, badai bisa menyebabkan gangguan terhadap penerbangan, operasi minyak, eksplorasi Arktik dan satelit ruang.

DI RUANG ANGKASA - Januari 23: Pada handout ini dari NOAA / Nasional Pusat Weather Service Ruang Prediksi, menunjukkan coronal mass ejection (CME) dari matahari meletus akhir Januari 23, 2012. Suar dilaporkan terbesar sejak 2005 dan diharapkan untuk mempengaruhi sistem GPS dan komunikasi lainnya saat mencapai medan magnet bumi pada pagi hari tanggal 24 Januari. (Foto oleh NOAA / Nasional Weather Service Center Antariksa Prediksi melalui Getty Images)

Malam-langit pemirsa di Asia dan Eropa dapat menyaksikan aurora, atau Northern Lights, Selasa malam akibat badai.
"Kami tidak berharap dampak utama dari acara seperti ini," kata Biesecker.
Ini gambar handout disediakan oleh NASA menunjukkan coronal mass ejection, dilihat oleh Solar Dynamics Observatory pada 7 Juni 2011. Sebuah suar menengah surya telah meletus dari matahari dalam sebuah tampilan yang mengesankan ditangkap oleh kamera NASA. Para ilmuwan mengatakan bahwa acara tersebut tidak akan memiliki dampak yang signifikan di Bumi. NASA mengatakan suar memuncak Selasa dan menciptakan awan besar yang muncul untuk menutupi hampir separuh permukaan matahari. Gambar yang direkam oleh satelit yang mengorbit yang disebut Solar Dynamics Observatory. (AP Photo / NASA / SDO)

 
"Ini orang-orang yang perlu GPS (global positioning system) ketepatan sentimeter yang harus khawatir, bukan orang yang ingin tahu apakah Anda akan menghidupkan mobil 30 meter (100 kaki) di depan."

Jangan Bikin Waralaba Kalau Belum Terbukti Sukses

Tren waralaba kian menarik saja untuk disimak. Betapa tidak, sejak krisis, pertumbuhannya begitu pesat baik dari segi omzet, jumlah merek, maupun gerai. Bisnis cepat menggurita dan mudah meraih untung merupakan alasan utama orang mendirikan waralaba.


Sejatinya, sistem kemitraan ini sangat baik bila dijalankan dengan benar. Di antaranya dapat mengurangi tingkat pengangguran dan mendorong lahirnya wirausahawan baru. Sebab, kebetulan negeri ini memang tengah “miskin” wirausahawan.
Namun demikian, patut diingat mendirikan waralaba itu tidak bisa sembarangan. Ada rambu-rambu khusus yang perlu diperhatikan. Bila tidak, sistem ini akan menjadi buah simalakama baik bagi si franchisor, franchisee, maupun industri waralaba itu sendiri. Apa saja rambu-rambunya? Berikut hasil wawancara majalah MARKETING dengan salah satu pengamat waralaba Indonesia, Burang Riyadi dari IFBM Consulting (International Franchise Business Management).


Sejak kapan bisnis waralaba berkembang di Indonesia?
Mulai tahun 1990-an, fenomena waralaba sudah marak di Tanah Air, namun yang mendominasi masih bisnis dari luar, semisal Mc. Donalds dan KFC. Yang lokal, seperti Rudy Hadisuwarno dan lembaga pendidikan komputer Widyaloka belum populer kala itu.

Baru 12 tahun silam, saat negeri ini tertimpa krisis ekonomi, waralaba lokal mulai bangkit perlahan-lahan dan menjadi semakin banyak seperti sekarang.

Bisa dijelaskan lebih detail penyebabnya?
Begini, saat krisis ekonomi 1998, nilai tukar dolar terhadap rupiah sempat melambung hingga di atas Rp 10.000. Franchisee waralaba asing pun keteteran, lantaran franchise fee yang dibayar naik berlipat-lipat mengikuti nilai tukar dolar. Sebagai contoh, Mc Donalds sempat menutup 33 gerainya sekaligus. Kondisi tersebut diperparah lagi dengan PHK massal.
Alhasil, banyak pegawai yang akhirnya banting setir menjadi wirausahawan. Mulai dari warung tenda sampai beragam jenis usaha lain, tiba-tiba menjamur kala itu. Ada yang sukses, ada pula yang gagal. Buat yang sukses, mereka akhirnya tertarik untuk mewaralabakan bisnisnya. Mulai dari situ, geliat waralaba lokal mulai kelihatan. Namun sayang, belum didukung dengan format yang pas. Beberapa nama waralaba yang sempat santer waktu itu misalnya Indomaret, Alfamart, Edam Burger, dan lain-lain.

Format seperti apa yang dimaksud?
Format tersebut berupa peraturan yang adil antara si pemilik waralaba dengan penerima waralaba. Memang sebelumnya Indonesia sudah memiliki PP no. 16 tahun 1997 tentang waralaba, namun peraturan itu kurang proporsional. Yang banyak disorot hanya aturan mengenai si penerima waralaba saja, sedangkan pemberi waralaba tidak banyak disinggung.

Saya bersama teman-teman coba menggagas agar peraturan waralaba yang lama itu direvisi, yang kemudian keluarlah PP no. 42 tahun 2007. Peraturan yang baru ini isinya antara hak dan kewajiban dari si pemberi dan penerima warlaba cukup berimbang. Sekarang tinggal bagaimana menjalankannya saja secara tegas. Aturan yang jelas pada waralaba itu sangat perlu guna menghindari image negatif di masyarakat. Jangan sampai semua orang bisa ramai-ramai dengan mudahnya mendirikan waralaba, tanpa peduli bisnisnya terbukti sukses atau belum, dan sistemnya cukup bagus atau tidak.

Seperti yang terjadi pada MLM (multi level marketing). Sebetulnya, konsep ini bagus, namun karena tidak ada aturan yang jelas, semua orang bisa mendirikan perusahaan mengatasnamakan MLM. Sudah begitu, ada kecenderungan mereka memaksa orang untuk menjadi anggotanya pula. Hasilnya bisa dilihat sekarang. Rata-rata kalau orang ditawarkan ikut MLM, pasti akan sungkan.

Kasus mirip MLM terjadi pada waralaba di luar negeri, semisal di Filipina. Di sana, orang ditawari waralaba, langsung menghindar atau menyatakan ketidaktertarikannya. Ini lantaran mereka kapok, karena banyak yang merasa dibohongi setelah mengambil waralaba. Wajar saja, sebab di sana memang aturan tentang waralaba belum ada. Sehingga, banyak yang ramai-ramai mendirikan waralaba tanpa memiliki sistem yang jelas, dan usahanya ternyata juga belum terbukti berhasil.

Lalu, tepatnya mulai kapan waralaba booming di Indonesia?
Menurut saya, sejak tahun 2006 sampai sekarang. Pertumbuhan omzet waralaba selama ini sudah di atas 40%. Saya mencatat, tahun 2008, total omzet waralaba di Indonesia yang baru 700 merek kala itu mencapai Rp 4 triliun per bulan. Nah, sekarang dengan 1.700–2.000 merek, total omzetnya sudah mencapai Rp 15,6 triliun per bulan.

Selain itu, rata-rata ada 11 ribu gerai baru yang dibuka per bulan. Itu artinya ada 11 ribu pengusaha baru. Bukan hanya itu, satu gerai bisa menyerap tenaga kerja 2–6 orang lebih, kalau dikalikan 11 ribu, jumlah pengangguran bisa berkurang 22 ribu–66 ribu per bulan.

Lagipula, tingkat kegagalan waralaba di Indonesia juga kecil, hanya 20%. Penyebabnya paling karena franchisee tidak bisa diajak kerja sama, atau franchisor-nya yang kurang siap dalam hal sistem.

Saat ini, jenis waralaba apa yang tengah marak?
Trennya masih di bidang kuliner. Hampir 66% waralaba bergerak di bidang ini. Namun, itu juga tergantung pada kondisi. Kalau sedang krisis ekonomi seperti tahun 2008, tren usahanya adalah makanan atau minuman. Namun, setelah perekonomian benar-benar pulih, jasa yang bakal banyak bermunculan seperti salon, pendidikan, bengkel, dan lain-lain.

Wilayah mana yang berpotensi untuk dikembangkan bisnis waralaba?
Asal tahu saja, waralaba berkembang karena tingkat orang yang bepergian semakin tinggi sekarang ini, lantaran didukung dengan layanan transportasi yang makin banyak dan murah, seperti pesawat terbang. Ditambah, hampir tiap daerah dihuni bukan hanya oleh satu suku, melainkan oleh berbagai macam suku bangsa.

Sebagai contoh, orang Jakarta yang kebetulan baru pindah ke Makassar, kemudian dia secara tidak sengaja melihat ada yang menjual soto Betawi di sana. Mungkin ada keinginan untuk mampir karena teringat akan kampung halaman. Sama halnya orang yang sedang jalan-jalan ke suatu daerah, kini tidak lagi membawa makanan khas daerah situ, namun bisa membawa oleh-oleh Dunkin Donuts atau juga Teh Poci, yang sebetulnya juga ada di tempat tinggal mereka. Jadi, semua wilayah itu berpotensi.

Apa saja kegiatan marketing yang biasa dilakukan oleh para franchisor?

Bentuknya bermacam-macam, tetapi yang jelas tujuan marketing pada waralaba itu mempunyai tiga maksud. Pertama, untuk memasarkan waralaba itu sendiri, dengan membuat company profile dan history of success sebagus mungkin. Yang kedua, membantu franchisee-nya untuk mendatangkan banyak pelanggan. Cara yang ditempuh adalah melalui program marketing nasional dan lokal. Dan yang ketiga, marketing untuk meningkatkan citra. Langkah paling mudah adalah ikut pameran, iklan di media cetak, dan menggelar seminar.

Hal-hal apa yang patut diperhatikan oleh calon franchisor atau franchisee?
Hal pertama yang harus diingat adalah waralaba itu duplikasi bisnis yang sukses. Jadi, bagi calon franchisor (pemberi waralaba) perlu dilihat dahulu apakah usahanya benar-benar sudah teruji berhasil atau belum? Karena tugas franchisor itu bakal mengajarkan franchisee-nya untuk sukses. Bagaimana dapat mengajari orang sukses jika dia sendiri belum berhasil?

Untuk franchisee (penerima waralaba), pada prinsipnya sama. Pertama, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang waralaba yang diminati, apakah sudah terbukti berhasil atau belum? Kemudian, tilik juga sistemnya, apa ada program training, SOP, apa saja tools untuk komunikasinya, dan lain-lain. Dengar juga testimoni dari franchisee yang sudah ada dan informasi dari mulut ke mulut. Jangan sampai kita menjadi kelinci percobaan nantinya.

Apa dampak positif dan negatif dari waralaba?
Dampak positifnya yang pertama, membantu mengurangi jumlah pengangguran. Kedua, pemasukan devisa bertambah seiring ekspansi waralaba lokal yang sekarang sudah merambah ke luar negeri. Ketiga, ketahanan ekonomi juga terbantu. Sebab, mau krisis atau tidak, waralaba tetap bisa eksis. Terbukti sejak tahun 1990-an, meski dihantam krisis, waralaba tetap jalan, bahkan berkembang pesat setelah itu.

Sementara dampak negatifnya, kalau dijalankan dengan benar tidak akan ada. Untuk itu, semua pihak perlu bekerja sama mengawasi jalannya peraturan yang ada, baik itu pemerintah, pihak asosiasi, maupun para franchisor dan franchisee.

Saat ini, waralaba sudah menjadi trademark bagi bisnis yang ingin dapat uang secara cepat dan mudah. Alhasil, banyak orang berlomba-lomba terjun ke bidang ini. Yang dikhawatirkan adalah ikutnya orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam arena waralaba. Beberapa MLM ada yang telah mengubah namanya menjadi personal franchise.

Jadi, yang membuat dampak negatif itu jika sistem waralabanya belum baku. Antisipasinya adalah penerapan aturan yang tegas dan kode etik yang seharusnya dikendalikan oleh pemerintah serta asosiasi.

Ada masukan untuk kemajuan waralaba di Indonesia agar lebih pesat?
Sudah saatnya pemilik merek besar mau terlibat mengembangkan waralaba di Tanah Air. Beberapa di antaranya sudah melakukan itu. Namun, masih banyak pemilik merek lain yang sebenarnya mampu, tapi masih belum berani melangkah. Terus terang, saat ini saya tengah mendorong agar merek-merek besar mau melebarkan sayap usahanya ke sistem waralaba.

Sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Holcim dengan Solusi Rumah-nya, Mustika Ratu dengan Taman Sari Spa, dan lain-lain. Sudah seharusnya pebisnis yang sukses menularkan resep sukses mereka ke orang lain agar terlahir pengusaha-pengusaha baru. Dengan demikian, perekonomian bakal semakin baik nantinya. \
lagi berita DISINI>>
(www.marketing.co.id/Andri Darmawan/Narsum: Burang Riyadi)

Waralaba, Menangguk Uang atau Bumerang?


 Jika punya modal, ingin berbisnis, tapi tidak punya kemampuan dan waktu, apa pilihan Anda? Setidaknya, sekali-dua kali pernah terlintas dalam pikiran Anda untuk membeli waralaba. Jelas bukan ide yang salah. Terlebih, sekarang ini begitu banyak tawaran waralaba dari berbagai jenis bisnis.


Sebut saja, restoran, butik, salon dan spa, apotek, makanan dan minuman, bahan bangunan, klinik kesehatan, hingga media massa pun mengembangkan diri lewat mekanisme waralaba, dan masih banyak lagi kategori bisnis lainnya.

Apakah bisnis yang diwaralabakan selalu sukses? Jelas tidak. Banyak yang rontok di tengah jalan. Berbagai faktor menjadi penyebabnnya. Salah satu faktor paling berpengaruh adalah sikap tergesa-gesa. Banyak yang lupa bahwa untuk mulai memberikan hak pada orang lain, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal karakter bidang bisnis yang mereka masuki. Mencatat semua hal, sekecil apa pun. Sebab, hanya dengan cara ini sistem waralaba bisa dibentuk dan potensi mengembangkan waralaba semakin besar. Bertambah lagi bila persepsi dari para perintis usaha menganggap bahwa pengembangan usaha paling cepat adalah dengan mewaralabakan usaha.
Untuk itu, setiap orang yang tertarik untuk membeli waralaba mesti hati-hati. Jangan sampai hasrat berinvestasi agar meraih untung besar malah menjadi bumerang. Tertimpa hutang, akibat salah memilih

peluang.
Tentunya, Anda tidak ingin bernasib seperti tersebut di atas, bukan? Nah, supaya tidak salah memilih bisnis waralaba, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini.

Jenis Bisnis
Jangan pilih bisnis yang rentan oleh pengaruh tidak langsung. Anda perlu menilai apakah bisnis yang diwaralabakan memiliki daya tahan tinggi dalam berbagai situasi. Hindari memilih bisnis yang akan goyah ketika terjadi sedikit saja goncangan pada sektor ekonomi, politik, dan keamanan. Sarannya adalah memilih usaha yang menyediakan kebutuhan yang sudah tidak mungkin dielakkan orang saat ini. Seperti fast moving consumer goods, bengkel, dan lainnya. Tegaskan juga segmen konsumen yang akan disasar oleh bisnis ini.
Standar Operasional
Tinggalkan tawaran waralaba yang belum memiliki standar operasional prosedur yang jelas dan teruji. Anda perlu kritis terhadap hal satu ini. Tanyakan bagaimana sistem tersebut mengatasi semua potensi situasi yang bakalan terjadi, terutama situasi buruk. Keluarkan semua imajinasi Anda pada kemungkinan terjelek yang akan terjadi. Misalnya, kalau ada kegagalan dalam promosi, suplai yang tersendat, dan lainnya.

Merek Usaha
Pikir matang-matang kalau memilih merek baru. Lebih baik pilih merek usaha yang sudah terkenal, baik di tingkat nasional, regional, atau bahkan internasional. Setelah itu, penelitian kecil-kecilan tetap harus dilakukan. Mulai dari sejarah hingga pertumbuhan bisnisnya. Apalagi, sekarang ini sudah ada ketentuan yang mengatur kapan suatu usaha bisa diwaralabakan. Minimal tiga tahun dari pertama beroperasi, suatu usaha baru bisa diwaralabakan. Bila usaha itu sudah lebih dari tiga tahun, perhatikan jumlah gerai dan omzetnya.

Cari tahu juga bagaimana kinerja cabang atau gerai milik penerima waralaba/franchisee lama. Bagaimana kondisi para franchisee itu saat Anda akan membeli. Untung atau malah tutup dengan sukses. Kalau tutup, selidikilah penyebabnya; begitu pula bila sukses, cari tahulah resep keberhasilannya. Bila perlu, Anda mencari tahu langsung ke sang pemilik, baik yang sukses dan yang gulung tikar.

Karakter Franchisor
Selidiki latar belakang perusahaan atau sang pengusaha, bonafiditas, pengalaman, potensi pasar, peta persaingan, serta keunggulan dan keunikan produk dan sistem mereka. Kalau sejak awal pemberi waralaba/franchisor tidak terbuka, segera saja pulang. Sebagai calon franchisee, Anda bahkan berhak melihat laporan keuangan perusahaan franchisor. Dengan begitu, Anda bisa melihat prospek bisnis itu di masa depan.

Tanyakan apa pun yang Anda perlukan. Cara dan sikap ketika franchisor menjawab pertanyaan bisa Anda jadikan tolok ukur kultur usaha mereka. Semakin mereka terbuka, semakin baik. Semakin mereka misterius dan tertutup, ya, semakin buruk. Ingat, kelak Anda harus saling bertukar informasi dengan mereka. Bayangkan dan perkirakan apakah Anda bisa berkomunikasi secara nyaman dengan mereka kelak.

Kemudian, bila si franchisor ada potensi nantinya akan cuek terhadap outlet Anda, bahkan tidak mau terlibat dalam menyukseskan bisnis Anda dan hanya menuntut uang saja, itu juga tidak perlu dipilih. Karena sebagai franchisee, Anda punya hak untuk dibimbing. Sebaliknya, bila ada franchisor yang tidak melibatkan Anda sama sekali dalam pengembangan bisnis, berhati-hatilah.

Strategi Pengembangan Franchisor
Hal ini juga perlu Anda ketahui, terlebih dalam strategi penetrasi pasar. Mulailah dari strategi penambahan outlet. Adakah batasan yang jelas mengenai pembukaan outlet baru. Jangan sampai Anda sudah membeli, tiba-tiba di dekat outlet milik Anda muncul usaha sejenis dari franchisor yang sama.
Anda juga harus menanyakan kebijakan franchisor dalam menerima franchisee. Bila tidak ada kriteria jelas, pikirkan kembali untuk membeli waralaba tersebut. Sebab, waralaba yang bagus harus menyeleksi para calon franchisee-nya dengan persyaratan tertentu. Hal ini untuk mengurangi risiko tutup akibat si franchisee gagal. Karena, bila itu terjadi, jelas berpengaruh besar terhadap image merek tersebut dan secara otomatis berefek pada outlet Anda.


Tanyakan pula strategi promosi yang akan mereka lakukan. Seberapa efektif program tersebut, menyasar ke segmen usaha Anda atau tidak. Serutin apa promosi digelar dalam satu periode tertentu. Pastikan juga, sejauh mana Anda dilibatkan dalam kegiatan promosi.

Setelah Anda memperhatikan semua hal di atas, keputusan ada di tangan Anda. Apa pun itu mesti dipertimbangkan secara matang, sebab tidak ada yang akan menjamin uang Anda kembali bila terjadi kerugian. Jadi, jangan investasikan semua uang Anda di bisnis ini. Nah, silakan pilih, mau menangguk uang atau terkena bumerang?
banyak lagi disini:>>>>
(www.marketing.co.id/Ign. Eko Adiwaluyo)

Menjual Konsep dan Pengalaman

Keterbukaan antara franchisor dengan franchisee adalah cara efektif yang dilakukan PT Panen Raya Bersama dalam melanggengkan bisnis waralabanya.

Banyak waralaba yang gagal lantaran hanya menjual konsep dan nama. Padahal, sejatinya jualan utama waralaba adalah pengalaman. Sebuah bisnis layak diwaralabakan jika memang sudah terbukti sukses selama sekian tahun. Itu yang seharusnya terjadi.

Sejatinya, tugas dari franchisor selaku pemberi waralaba selain mengajari konsep bisnis sukses juga mau menjadi tempat mengeluh para franchisee-nya, lalu memberikan solusi. Terkait hal itu, Restoran Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk (ATLHW) memiliki cara tersendiri yang jarang dilakukan waralaba lainnya, yaitu menggelar gathering khusus buat franchisee setahun sekali.Kegiatan tersebut menjadi ajang bagi para franchisee untuk menyampaikan segala permasalahan, sekaligus
membina hubungan yang lebih erat antara ATLHW dengan franchisee dan sesama franchisee sendiri. Dalam gathering tersebut, biasanya pihak ATLHW turut menyertakan pembicara dari kalangan motivator bisnis.


“Tujuan kami mengadakan gathering lebih sebagai bukti keterbukaan ATLHW terhadap setiap masukan maupun kritikan dari para franchisee. Dan berupaya menghindari adanya ‘omongan’ negatif yang berakibat buruk terhadap merek ATLHW nanti,” papar Evi Diah Puspitawati, Franchise Department Head, PT Panen Raya Bersama, pemilik merek restoran Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk.

Memang sering terjadi pada saat gathering bersama, mereka (para franchisee) menyampaikan unek-uneknya bukan hanya kepada pihak ATLHW, namun juga kepada sesama franchisee. Tetapi menurut ATLHW, itu malah bagus, karena mereka bisa sharing dan menumpahkan semua ganjalan yang ada. “Toh, setelah mereka lega, jalan satu-satunya yang ditempuh tetap menyampaikan permasalahan kepada kami juga,” tambah dia.

Prinsip ATLHW dalam menawarkan waralaba bukan sekadar jual konsep, melainkan juga pengalaman. “Kami ingin menunjukkan bahwa mereka (franchisee) tidak salah memilih ATLHW sebagai mitra. Sebab, di samping sudah punya nama dan konsep yang bagus, kami juga sudah cukup makan asam garam di bisnis ayam tulang lunak ini,” tandas Evi.

Selain gathering, ATLHW juga menyediakan beberapa media lain untuk franchisee yang ingin menumpahkan keluh kesah dan bertanya seputar bisnis. Media itu seperti e-mail, telepon, dan SMS complain yang langsung sampai dan dibaca oleh pemilik ATLHW. Jadi, bukan ke manajemen lagi.
Restoran Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk sudah berdiri sejak 10 tahun silam dan baru diwaralabakan pada tahun 2007. Kini, restoran yang lahir di Bali ini sudah memiliki 20 gerai, dan bakal menambah tiga gerai lagi di akhir tahun 2010. Bahkan, rencananya tahun depan ATLHW bakal merambah ke Negeri Jiran, Malaysia. Dari 20 gerai yang ada, restoran milik ATLHW sendiri hanya ada dua, yaitu di Bali dan di Yogyakarta—yang bernama restoran Malioboro.

Dalam perjalanan waktu, Evi mengaku, ada juga gerai ATLHW yang tutup. Namun, faktor penyebabnya bukan karena ketidakcocokan antarmitra. Pencetusnya lebih pada masa kontrak yang tidak lagi diperpanjang atau lokasi yang berubah sepi, sedangkan franchisee-nya enggan untuk merelokasi gerai.

ATLHW boleh dibilang market driven di bidang kuliner karena melahirkan menu unik ayam tulang lunak. Akan tetapi, seolah sudah menjadi budaya di negeri ini, soal tiru-meniru akan selalu terjadi pada kegiatan usaha yang dipandang sukses. Hal itu turut dialami oleh ATLHW sekarang. Lantaran dianggap sukses menjual menu ayam presto, kini banyak pelaku yang mengikuti jejaknya.

Tak heran, di sepanjang jalan sering ditemukan warung tenda maupun restoran yang menjual menu berkonsep sama, yakni ayam tulang lunak. Menanggapi hal demikian, ATLHW tidak merisaukannya. Sebab, menurut Evi, itu biasa terjadi pada usaha apa pun. Bagi Evi, yang penting kalau mau menang bersaing kudu mampu menjaga nilai dan berinovasi terus-menerus. Terutama untuk soal menu. Soal yang satu ini ATLHW tidak pernah kehabisan akal berkreasi, karena memang sudah ada tim R&D (research and development) sendiri yang siap memanjakan lidah pelanggan dengan kreasi menu-menu baru yang enak setiap saat.

Di samping itu, kenyamanan tempat juga harus dicermati. Dalam memilih lokasi, ATLHW selalu mematok syarat luas areal minimal 400 meter persegi. Sebab, areal bakal dipergunakan selain untuk ruang makan (ada jenis ruang bebas asap rokok dan smoking area), juga untuk ruang VIP, tempat parkir, dan play ground anak-anak.

Ada satu hal yang unik dari ATLHW ketika menentukan lokasi, yaitu restoran ini tidak pernah mau buka gerai di dalam mal. Alasannya sederhana, biaya sewa yang mahal. “Lagipula, kalau kami mau membuat strategi promo juga tidak bisa bebas. Sebab harus lewat jalur birokrasi yang agak ribet dengan pengelolanya,” imbuh Evi.

Dalam memilih lokasi, Evi memberikan tips buat yang tengah mencari lokasi strategis untuk usaha restoran. Pertama, kenali jenis usaha dan target market kita. Kedua, lihat di sekitar lokasi, apakah ada lembaga pendidikan, rumah sakit, atau perkantoran. Ketiga, areal parkir di lokasi harus luas dan letaknya kalau bisa di hook agar bisa dilihat dari segala sisi.

Omzet yang didapat ATLHW di tiap lokasi berbeda. Namun jika dihitung secara rata-rata, jumlah pengunjung yang datang per hari bisa mencapai 80–200 orang. Mayoritas pengunjung yang datang makan di restoran ini adalah karyawan perkantoran dan keluarga. Menurut Evi, kontribusi omzet terbesar juga didapat dari layanan delivery—sumbangannya bisa mencapai 30% dari total omzet. Dengan kondisi seperti itu, tak heran jika tingkat ROI (return on investment) waralaba ATLHW hanya 1,5–2 tahun dengan nilai investasi sebesar Rp 1,3–Rp 1,5 miliar.

Lantaran dianggap cukup prospek, animo orang untuk melamar ke ATLHW sebagai franchisee lumayan tinggi. Namun, Evi mengatakan, pihaknya tidak sembarangan menerima orang. “Buat kami tidak cukup mereka hanya berani investasi Rp 1,3–Rp 1,5 miliar lalu lolos seleksi,” tandas dia.

Syarat yang paling penting adalah karakter. Sebab, membina kemitraan di bisnis waralaba itu ibarat kawin kontrak. Masing-masing pihak harus cocok dahulu, kemudian mau dan sadar akan komitmennya. ATLHW juga terbuka atas masukan dari franchisee-nya, sepanjang itu dilakukan untuk kemajuan bersama dan dikomunikasikan dahulu sebelumnya.

Maka dari itu, di beberapa gerai ayam tulang lunak di daerah-daerah tertentu ada banyak variasi menu tambahan serta promo yang berbeda-beda. Biasanya itu merupakan bentuk strategi lokal dari franchisee tersebut. Terus terang, selama ini strategi lokal memang cukup diandalkan, karena efeknya lebih mengena ketimbang promosi berskala nasional. Jika promo dilakukan dengan memasang iklan di koran nasional, sering kali efeknya hanya terasa di Jakarta, sementara efek untuk lokal justru tidak ada.

“Lagipula harus disadari perilaku konsumen di tiap lokasi meski satu wilayah dapat berbeda-beda. Orang yang tinggal di Tebet pasti bakal lain perilakunya dengan yang ada di Kelapa Gading, sehingga bentuk penanganannya juga wajib dibedakan,” jelas Evi.

Evi optimistis bisnis restoran seperti ATLHW tidak akan pernah ada matinya. Sebab, selain makan adalah kebutuhan sehari-hari, ke depannya perilaku orang makan akan bergeser dengan seringnya mereka bersantap di luar rumah. Seiring dengan perubahan gaya hidup, makan di luar akan sering dilakukan oleh seseorang atau keluarga. Tinggal bagaimana para penjaja makanan itu dapat meningkatkan daya saing lewat menu dan kualitas layanan agar pelanggan tetap loyal untuk mengunjungi restorannya.
lagi berita disini:>>>>>
(www.marketing.co.id/Andri Darmawan)

Alasan Orang Tua Melarang Anaknya Jadi Pengusaha


Suatu ketika ada seorang teman saya yang datang ke rumah dan dia bercerita tentang kekhawatirannya jika dia tidak menjadi sukses. Dia selalu bercerita bahwa beban terasa berat untuknya karena berhubungan dia merupakan anak pertama di keluarganya, terlebih lagi dia adalah anak laki-laki yang secara tidak langsung dituntut untuk meneruskan orang tuanya.

Dia begitu khawatir karena juga statusnya yang masih sebagai mahasiswa di saat teman-temannya (termasuk saya sudah lulus dan sedang meniti karir). Setelah dia selesai bercerita, saya ambil kesimpulan bahwa dia terserang suatu sindrom, yang dinamakan sindrom anak pertama!

Pertama kali saya mendengar sindrom ini dari mentor saya, ketika sindrom serupa menyerang saya beberapa tahun yang lalu. Waktu itu, saya bercerita kepada mentor saya bahwa ibu saya sangat khawatir jika setelah lulus kuliah saya memilih untuk tidak bekerja dan malah melanjutkan usaha/bisnis. Maklum, ibu saya masih termasuk orang yang memegang stereotipe umum bahwa setelah lulus kuliah seorang harus bekerja di sebuah perusahaan yang bonafit agar bisa membanggakan orang tuanya atau secara aman menjadi pegawai negeri.

Mentor saya kemudian bilang :

“Seorang ibu itu wajar kalau khawatir akan masa depan anaknya, terutama kamu adalah anak pertama. Itu adalah sebuah sindrom yang normal terjadi pada seorang ibu. Ini seperti proses melahirkan pertama kali. Ada rasa deg-deg an, khawatir, takut dan cemas berkecamuk. Karena saat kamu lulus kuliah itu artinya kamu juga akan dilahirkan kembali menjadi manusia baru. Apalagi kalau kamu punya seorang adik, maka kesuksesan atau kegagalan kamu akan menjadi panutan untuk adikmu.”

Saya ceritakan hal serupa kepada teman saya dan kemudian teman saya menjawab :

“Bener juga ya!”

Dan memang sudah tentu benar!
Ada istilah yang mengatakan : Life begin at 20th. Yang artinya hidup kembali dimulai setelah usia 20-an. Seperti proses reborn. Apakah kamu ingin dilahirkan secara sesar yang lebih aman, atau secara alami yang penuh resiko atau ada keyakinan dan kebahagiaan tersendiri. Maka dalam hidup sama juga seperti itu. Menjadi pegawai itu adalah cara amannya sedangkan menjadi pengusaha adalah penuh resiko tetapi sangat indah.

Sindrom ini tidak hanya terjadi pada anak pertama, tetapi juga pada anak yang bukan anak pertama, tetapi adalah dia menjadi orang pertama yang membangun bisnisnya sendiri. Seperti saat kemarin juga saya berkunjung ke tempat teman saya yang lain, saya ditanya oleh orang tuanya : “Mas, kenapa sih pilih berbisnis? Padahal kan jadi pekerja lebih terjamin? Itu juga sama dengan anak saya”. Beliau bertanya seperti itu, karena anaknya tersebut baru saja keluar dari tempatnya bekerja, di sebuah perusahaan makanan multinasional yang cukup menjanjikan untuk karirnya.
Sebuah riset mengatakan bahwa 51,9% pengusaha yang sukses adalah orang pertama dalam keluarganya yang membangun bisnis sendiri. Dan inilah adalah tantangan terbesarnya : berjuang mempertahankan keputusan menjadi pengusaha terhadap keinginan orang tua.

Lalu, bagaimana untuk mengatasi permasalahan ini?

Untuk mengatasi sindrom ini, tidak ada cara lain selain mengkomunikasikan kembali apa yang menjadi impianmu kepada orang tua dan bagaimana kamu akan mewujudkan impian tersebut.Dengan demikian dia menjadi yakin bahwa apapun pilihan kamu, kesuksesan sudah di depan mata. Entah itu menjadi pengusaha ataupun menjadi pegawai. Seorang motivator bilang bahwa selaraskanlah impianmu dengan keinginan orang tua, dengan demikian impian itu akan menjadi lebih mudah untuk dicapai dan tidak perlu lagi khawatir.

Dan penting untuk diingat :
Setiap orang tua menginginkan anaknya mendapat yang terbaik. Jadi yang terpenting adalah bukan kita akan menjadi apa, tapi yakinkan & buktikan ke orang tua mu bahwa dengan menjadi pengusaha/entrepreneur itulah jalan terbaikmu!
lagi berita DISINI:>>>

Tiga Manfaat Blog Buat UKM

Di era komunikasi horizontal sekarang ini konsumen makin kritis, teliti, dan hati – hati. Mereka biasanya akan mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya sebelum membeli suatu produk atau layanan. Dan mereka tidak akan begitu saja percaya dengan bujukan iklan suatu produk.


Website saja bagi konsumen belum cukup, karena mereka tahu informasi di website biasanya bersifat satu arah. Isinya hanya serangkaian informasi tentang seluk-beluk serta produk / layanan dari sebuah perusahaan. Sudah begitu informasinya jarang di-update.

Konsumen biasanya akan mencari informasi tambahan sebanyak – banyaknya guna mendapatkan informasi yang akurat tentang suatu produk atau layanan. Salah satunya dengan mencari kelebihan dan kekurangan suatu produk dari orang – orang yang pernah memakai produk atau jasa tersebut melalui komentar atau testimoni mereka di blog yang dikelola oleh perusahaan.

Nah, disitulah pentingnya perusahaan diperkuat dengan blog, termasuk perusahaan skala kecil dan menengah. Apa saja kelebihan blog dibandingkan website? Berikut paparannya:

1. Dengan blog, perusahaan akan lebih mudah bereskspresi. Perusahaan akan lebih longgar dan lentur menyampaikan informasi tentang berbagai hal menyangkut produk atau layanan yang diberikan perusahaan.

2. Dengan blog perusahaan secara tidak langsung dapat mengedukasi konsumen. Misalnya melempar informasi tentang produk – produk yang akan diluncurkan, wacana peluncuran produk baru, atau rencana pengembangan suatu produk. Perusahaan bisa membagi informasinya lewat blog sekaligus memancing respon konsumen atau masyarakat luas. Jika konsumen penasaran, mereka bisa menanggapinya sehingga terlihat respon konsumen tentang produk /layanan tersebut.

3. Konsumen akan lebih yakin ketika ia mengunjungi blog perusahaan setelah melihat perusahaan pemilik blog tersebut terlihat aktif menangani project, mengadakan event penjualan dan promosi, maupun interaksi dengan para klien.

Apakah perusahaan Anda sudah memiliki blog? Jika belum ada baiknya untuk segera membuatnya dan mengintegrasikannya ke website perusahaan. Percayalah Anda akan mendapatkan respon atau informasi berguna dari konsumen yang tidak Anda peroleh dari website perusahaan. (Tony Burhanudin/www.marketing.co.id)
LAGI BERITA DISINI:>>>

3S, Kunci Sukses Entrepreneur di 2012

Tak bisa dipungkiri, penjualan dari individu ke individu atau peer to peer yang mengandalkan rekomendasi sangat dipercaya oleh orang. Rekomendasi seseorang menjadi salah satu keberhasilan sebuah produk bisa diterima masyarakat. Kini, hal tersebut juga berlaku di sosial media. Pengusaha startup di tahun depan, harus memanfaatkan momentum ini untuk bisa meraup konsumen.


Demikian disampaikan Danny W. Wirianto, co-founder Mind Talk yang menjadi pembicara dalam seminar Sparx Up “Gamification and Convergence” di International Design School, Jakarta, Jumat (23/12/2011). “Yang akan menjadi tren adalah 3 S, yakni Social, Share, and Speed,” jelasnya.

“Social” adalah bagaimana seseorang terhubung dengan orang lain dan saling berbagi. “Share” adalah bagaimana seseorang membagikan pengalamannya kepada orang lain, melalui teks, foto, video, apapun itu, melalui jejaring sosial. “Speed” adalah bagaimana jejaring sosial bisa memberikan informasi yang sangat cepat, melebihi kecepatan dari wartawan menuliskan berita.

Hal yang harus menjadi bagian yang harus dikembangkan oleh pengusaha startup di tahun 2012, yakni menjaga hubungan sosial dengan masyarakat, sharing informasi yang dibutuhkan masyarakat, dan memiliki kecepatan dalam menanggapi keluhan masyarakat mengenai produk atau layanan yang ditawarkan.

Selain itu, masyarakat juga menyukai penghargaan. Oleh karena itu, buatlah sebuah perusahaanstartup yang bisa menghibur dan menjadi sesuatu yang dicari oleh masyarakat. “Kita sudah stress dengan pekerjaan, kehidupan sudah sulit, la;u baca berita isinya berita buruk semua, tambah stress orang-orang. Anda tahu bagaimana Foursquare bisa lebih populer dari situs check-in lainnya? Karena ada badge, ada penghargaan yang membuat orang lain bangga walau cuma check-in doang,” jelas Danny.

Kemudian menurut Danny, mengapa teknik pemasaran dengan gamification akan laku di tahun depan? karena kebutuhan masyarakat akan hiburan dan penghargaan juga besar. Maka, bisa memenangkan sebuah game dan mendapat penghargaan meskipun itu vrtual juga menjadi hiburan yang berarti. Lahan ini akan subur jika peruahaan start-up ingin mencobanya.

Namun tetap, kembali lagi Danny mengingatkan bahwa startup harus fokus kepada satu bidang tertentu. Jika ingin mengembangkan game, fokus di game. Jika ingin mengembangkan aplikasi yang memiliki fungsi, seperti Instagram misalnya, fokuslah membuat aplikasi untuk foto.
Jadi, mengembangkan paltform media sosial dengan fokus kepada salah satu bidang tertentu sembari memikirkan penghargaan apa yang menarik bagi pengguna untuk tetap menggunakan produk kita merupakan cara startup bisa bertahan di tahun depan.

lagi berita disini:>>>>>