Friday, May 9, 2014

Ingin Jadikan TV dirumah anda sebagai monitor komputer?

Tips seputar komputer dan gadget. Menonton acara TV dari layar komputer mungkin sudah biasa anda lakukan. Namun bagaimana jika fungsi ini berlaku sebaliknya? Pernahkah anda mengubah televisi di rumah menjadi monitor komputer? Ada banyak alasan mengapa orang melakukan hal ini. Yang pertama adalah layar televisi memiliki ukuran yang beragam, bahkan ada yang berukuran sangat besar. Meskipun memakai monitor yang oversize sangat jarang dilakukan, anda bisa mencobanya hanya sekedar untuk ekperimen. Ada banyak cara untuk mengubah TV menjadi monitor komputer. Itu sangat tergantung dari output video pada TV anda.
Berikut ini adalah beberapa opsi untuk menampilkan display komputer pada layar TV anda.
Yang pertama, anda bisa mencoba S-video. Jika laptop atau komputer anda memiliki output S-Video, maka itu berarti TV anda bisa menampilkan layar komputer. Anda hanya perlu menyambungkan antara PC dengan layar TV melalui colokan tersebut. Biasanya ada pengaturan yang perlu dilakukan. Itu tergantung dari merk TV anda. Pengaturan tersebut bisa dilakukan langsung di layar, misalnya saja pengaturan resolusi untuk mencocokkan tampilan di komputer dengan layar televisi. Jika TV anda tidak memiliki input S-video, jangan khawatir karena anda bisa membeli kabel khusus yang bisa mendukung fungsi ini. Berikutnya, anda juga bisa mencoba VGA. Banyak seri TV terbaru memiliki input VGA, bukan hanya koaksial yang merupakan standar tradisional. Ini juga merupakan input yang bisa mengkoneksikan komputer dengan TV.
layar tv menjadi layar komputer
Jika di rumah anda terdapat TV keluaran terbaru, mungkin anda hanya perlu membeli kabel VGA saja untuk menghubungkan PC dengan TV. Alternatif berikutnya adalah HDMI. Sama seperti VGA, televisi terbaru juga semakin banyak yang dilengkapi dengan output HDMI. Ini memang dirancang khusus untuk video beresolusi tinggi. Saat ini menonton video beresolusi tinggi sudah menjadi sebuah kebutuhan karena kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih tajam dan jernih. Untuk menghubungkannya, anda hanya perlu membeli kabel HDMI. Opsi berikutnya adalah converter VGA ke TV. Pernahkah anda mendengar tentang kotak yang bisa bisa mengkonversi output video VGA komputer menjadi video standar? Alat converter ini memang tidak dibandrol dengan harga murah, namun kompatibilitasnya sangat tinggi.
Mengubah Televisi Menjadi Monitor Komputer
Jika anda tidak memenuhi salah satu dari opsi sebelumnya, maka ini bisa menjadi alternatif terbaik. Berikutnya, kami sarankan anda mencoba adapter VGA ke DVI. Saat ini kita bisa menemukan adapter yang bisa mengkonversi output VGA menjadi DVI. Perlu anda tahu, DVI merupakan versi lawas dari HDMI. TV lama biasanya memiliki input untuk konektor DVI. Meskipun begitu, HDMI masih lebih fleksibel daripada DVI, sehingga orang lebih suka memakai input ini. Jika HDMI tidak memungkinkan untuk didapatkan, ini bisa menjadi salah satu alternatif. Nah, itu tadi beberapa cara mengubah televisi menjadi monitor komputer. Semoga bermanfaat untuk anda.

0 ulasan :

Post a Comment

terima kasih karena berkunjung di halaman kami...