Wednesday, January 25, 2012

Dihempas Gelombang, Kapal Feri Terdampar Saat Menuju Lombok

Mataram - KMP Andika Nusantara yang berlayar dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat nyaris karam diterjang gelombang tinggi. Kapal akhirnya terdampar dan berlabuh darurat di sebuah pulau kecil satu jam perjalanan sebelum sampai Pelabuhan Lembar.

Humas Kantor SAR Mataram, Putu Cakra Ningrat yang dihubungi detikcom, Rabu (25/1/2012) malam mengatakan, kapal feri itu harus berlabuh darurat di Gili Awah, yang masuk wilayah Desa Kores Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.
"Kami menerima laporan tadi jam dua siang. Tim kami kini sudah tiba di lokasi dan dibantu oleh masyarakat dan nelayan sekitar saat ini sedang melakukan evakuasi penumpang," kata Cakra.
Prioritas sementara kata Cakra adalah evakuasi penumpang. Sementara untuk muatan kapal berupa kendaraan dan barang lainnya belum tersentuh.
"Kapal memang harus berlabuh darurat di Gili Awah. Kalau tidak kapal akan karam. Kapal sudah dalam keadaan miring," kata Cakra.
Informasi yang dihimpun detikcom, kapal berangkat dari Pelabuhan Padangbai pukul 11.30 Wita. Baru setengah perjalanan kapal dihempas gelombang tinggi. Akibatnya muatan kendaraan dalam kapal bergeser, sehingga kapal miring.

Sekitar pukul 14.10 Wita kapal akhirnya terseok-seok dan berhasil berlabuh darurat di perairan Gili Awah, satu jam sebelum sampai di Pelabuhan Lembar.

Sementara disebutkan, kapal mengangkut 201 penumpang, 55 sepeda motor dan 19 kendaraan roda empat diantaranya truk dan bus.
Rute penyeberangan Lembar menuju Padangbai sendiri saat ini sedang ditutup menuyusul cuaca buruk di Selat Lombok. Tinggi gelombang mencapai 2,5 meter dengan kecepatan angin hingga 32 knot. BMKG Mataram menyatakan perairan berbahaya untuk pelayaran.

sumber,, Kusmayadi - detikNews

0 ulasan :

Post a Comment

terima kasih karena berkunjung di halaman kami...