Monday, July 9, 2012

Jejak Dinasti Soekarno


Hari ini tepat 42 tahun haul atau meninggalnya Soekarno, Presiden pertama Indonesia. Putra Sang Fajar itu meninggal pada usia 69 tahun.
Soekarno muda dikenal sebagai orang yang jagoan. Ia orator ulung. Pidato-pidatonya mampu membakar dan mengobarkan semangat.
Penampilannya juga selalu rapih dan necis. Tak heran semasa hidupnya banyak wanita yang dibuat bertekuk lutut. Pesonanya luar biasa. Soekarno rupanya menyadari itu. Dan tak heran kalau kemudian ia memiliki lebih dari dua istri. Beberapa di antara istinya itu yakni:
Istri pertama yang dinikahinya bernama Siti Oetari. Oetari adalah putri dari Tjokroaminoto, pahlawan nasional Indonesia. Ketika menikah usia Oetari baru beranjak 16 tahun.
sedangkan Soekarno baru 20 tahun.
Namun pernikahannya ini kandas. Lalu ia pun menikahi Inggit Garnasih. Inggit dikenal sangat cantik dan anggun.
Fatmawati adalah perempuan ke-3 yang dinikahi Soekarno. Dialah Ibu negara Indonesia. Fatmawati seperti kita ketahui berjasa dalam menjahit bendera merah putih.
Dari pernikahannya ini, mereka dikaruniai lima orang anak: Muhammad Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, dan Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra.
Tak berhenti di situ. Soekarno juga menikah dengan Hartini. Dari pernikahannya ini, Soekarno mendapat dua orang anak: Taufan Soekarnoputra dan Bayu Soekarnoputra.
Dan pernikahannya dengan wanita turunan Jepang, Ratna Sari Dewi, ia dianugerahi satu orang anak yang bernama Karina Kartika Sari Dewi Soekarno.
Guntur Soekarno. Ia adalah anak pertama Soekarno. Guntur adalah kakak kandung Megawati. Tak seperti Megawati dan saudara-saudara kandungnya yang lain, Guntur memang jauh dari hiruk pikuk panggung politik.

Sukmawati pernah memimpin PNI Marhaenis dalam Pemilu 2004. 


Megawati adalah anak Soekarno yang menonjol di bidang politik. Ia tercatat pernah menjadi wakil presiden pada 1999 dan kemudian karena Presiden Gus Dur dilengserkan, Megawati menggantikan Gus Dur pada 2001. Saat ini ia masih menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan 


Bayu Soekarnoputra adalah anak Soekarno dari pernikahan dengan Hartini. 


Pua Maharani merupakan cucu Soekarno. Ia keturunan Megawati dengan Taufiq Kiemas. Puan kini menjadi anggota DPR 

Kartika adalah hasil pernikahan Soekarno dengan Ratna Sari Dewi. Ia pernah menjadi wartawan di Jepang. 


.Bagikan galeri iniPuti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarnoputri adalah anak Guntur Soekarnoputra. Berbeda dengan ayahnya, ia saat ini memilih terjun ke politik dan bergabung dengan PDI Perjuangan. Puti, begitua ia biasa disapa saat ini menjadi anggota DPR. 


Prananda alias Anan adalah anak pertama Megawati hasil pernikahan dengan suami pertamanya, Surindo )almarhum). 


Show Thumbnails4 of 11 .Bagikan galeri iniRachmawati adalah adik kandung Megawati. Ia sering berbeda pandangan dengan kakaknya. Ia tercatat pernah memimpin Partai Pelopor. Dan ia juga pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 


Guruh. Selain aktif berkesenian, ia juga aktif di bidang politik dengan bergabung bersama Megawati di PDIP. Ia tercatat menjadi anggota DPR.

0 ulasan :

Post a Comment

terima kasih karena berkunjung di halaman kami...