Tuesday, April 12, 2011

Menentukan lokasi rumah burung wallet


Pada asasnya, pemilihan lokasi yang tepat dan betul untuk rumah wallet sangat sangat menentukan keberhasilan merumahkan wallet tersebut, setiap pembisnes wallet pasti menginginkan rumah burung wallet miliknya cepat di huni wallet dan populasinya berkembang dengan cepat.
Untuk itu, dalam menentukan lokasi rumah burung wallet harus dipertimbangkan beberapa perkara seperti berikut.
Ketinggian maksimum lokasi rumah burung wallet adalah 700 meter dari paras laut (DPL). Walaupun ada burung wallet yang bermukim di ketinggian 1.000 meter dari paras laut (DPL), perkembangan populasinya hingga kini masih terbilang lambat. Namun, sehubungan dengan adanya pemanasan global (global warming), tidak menutup kemungkinan jika masa akan dating wallet  dapat berkembang biak dengan baik di daerah dengan ketinggian di atas 700meter (DPL).
1.    Sebaiknya, letak calon rumah wallet tidak berdekatan dengan Bandar, pekan, atau kawasan industry.
2.    Makro habitat harus mendukung kehidupan serangga yang merupakan makanan utama burung wallet. Kerana itu calon rumah burung wallet sebaiknya berdekatan dengan lading, sawah, tasek, kebun, rawa, atau sungai.
3.    Jarak rumah burung wallet berdekatan dengan rumah wallet lainnya, atau paling jauh berjarak 5 km.
4.    4.Lokasi rumah burung wallet harus ada bekalan ilektrik, air, dan dekat dengan jalan raya. Selain itu pilih lokasi yang keamanannya terjamin dan karakter masyarakat sekita bersahabat.
Sementara itu, untuk mengetahui populasi burung wallet di suatu lokasi, boleh dilakukan dengan cara memancing wallet dengan suara tiruan.caranya bunyikan suara tiruan wallet yang di perdengarkan melalui ound system (tweeter) dilokasi yang kita inginkan, pada pagi pukul 9.00—10.00 dan petang pada pukul 4.00 hingga 5.30. lakukan pengujian ini selama 3—7 hari. Jika banyak wallet yang melintas, kemungkinan besar lokasi tersebut sangat baik digunakan untuk mengusahakan sarang wallet.
Selain itu, kini kita juga dapan memanfaatkan teknologi internet (IT) untuk mengetahui habitat makro di suatu lokasi, yakni dengan menggunakan google map. Melalui google map ini, kita dapat mengetahui berapa jauh hutan, sawah, sungai, dan tasek dari calon lokasi rumah burung wallet yang akan kita tempati. Selain google map, ada juga pasilitas google wather yang ber fungsi untuk mengetahui jumlah curahan hujan, suhu, kelembapan, kelajuan angin, dan arah angin pada musim tertentu di lokasi yang kita ingin kan.

0 ulasan :

Post a Comment

terima kasih karena berkunjung di halaman kami...