Saturday, May 24, 2014

Gerak tubuh juga bisa memengaruhi otak,

Otak merupakan organ penting pengontrol tubuh. Namun, ternyata tubuh juga bisa memengaruhi otak. Gerakan tertentu yang dilakukan tubuh rupanya bisa memberikan efek positif kepada otak. Berikut empat gerakan tubuh yang bisa meningkatkan kemampuan otak, seperti dikutip dari Live Science, Jumat, 23 Mei 2014.

1. Tersenyum
Senyum merupakan gerakan sederhana yang bisa memberikan efek signifikan yang nyata. Dalam sebuah penelitian yang terbit pada 1988, tersenyum tanpa alasan dapat mengelabui otak dan mengurangi kadar stres dalam otak. Hal ini juga bisa membuat seseorang lebih bahagia.

2. Rentangkan lengan
Merentangan lengan bisa menciptakan perasaan berkuasa dalam diri seseorang. Penelitian menunjukkan, postur membuka tubuh dan memperluas ruang pribadi bisa mengubah kadar hormon yang membuat seseorang meresa lebih kuat dan berani.

3. Tidur siang
Meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang akan membantu otak untuk beristirahat. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang yang nyenyak akan meningkatkan memori, kinerja, dan kemampuan mental.


4. Meditasi
Meditasi tidak hanya memberi pengaruh psikologis bagi otak tetapi juga pengaruh fisik yang signifikan. Menempatkan tubuh dalam postur meditasi dengan berulang kali melakukan pernapasan dalam dapat mengatur dan membersihkan pikiran yang akhirnya memberikan kesehatan pada otak kita.

0 ulasan :

Post a Comment

terima kasih karena berkunjung di halaman kami...