Saturday, August 20, 2011

BUPATI MINTA MASYARAKAT DUKUNG PROYEK TRENG WILIS

Lombok Timur, NTB (ANTARA)- Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat H.M.Sukiman Azmy meminta seluruh masyarakat untuk mendukung  proyek air bersih Treng Wilis yang hingga kini belum bisa dilaksanakan karena masih ada penolakan dari sebagian masyarakat.

         "Saya sangat mengharapkan dukungan seluruh masyarakat, karena tujuan pemerintah pusat memberikan dana untuk membiyai proyek Treng Wilis itu dalam bagian  selatan yang hingga kini masih  kesulitan air bersih," katanya di Selong (20/8).

        Ia mengatakan, untuk mengatasi kesulitan air bersih bagi warga di Lombok Timur  bagian selatan itu  adalah  dengan mengalirkan air dari  sumber mata air Treng Wilis di  Kecamatan Montong Gading. Nilai proyek air bersih bantuan pemerintah pusat itu  mencapai ratusan milyar rupiah.

         "Seharusnya masyarakat memberi dukungan penuh terhadap   upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat di Lombok Timur, bukan justru  menentang sebagaimana yang kita lihat bersama masih ada warga yang menolak," ujar Sukiman.

         Ia mengatakan, kendati masih ada penolakan oleh sebagian warga Pemkab Lombok Timur khusus  di lokasi proyek Treng Wilis di Kecamatan Montong Gading tersebut, namun pihaknya akan terus mencari   alternatif terbaik  agar proyek air bersih itu bisa dilaksanakan   sebagaimana yang diharapkan bersama.

         Kerja keras yang dilakukan Pemkab Lombok Timur untuk merealisasikan  proyek air bersih itu   mulai menunjukkan  hasil yang cukup menggembirakan dengan adanya lokasi pengganti sumber air  di wilayah Tete Batu, Kecamatan Sikur yang sumber mata airnya juga cukup besar.  
    Saat ini sudah mulai dilakukan pengerjaan waduknya tempat penampungan airnya yang nantinya akan disalurkan ke wilayah selatan, dengan sistem perpipaan.

        "Memang sebelumnya warga Tete Batu sempat menolak, akan tetapi setelah diberikan pemahamanan, akhirnya mereka bisa menerima," ujar  Sukiman Azmy.

        Ia menambahkan pemerintah Kabupaten Lombok Timur tidak memiliki kepentingan lain dibalik proyek Treng Wilis  bernilai ratusan milyar rupiah itu, yang diinginkan  pemerintah bagaimana meningkatkan kesejahteraan didaerah ini secara merata, terutama dalam  pemenuhan  kebutuhan air besih dan irigasi.

        "Salah satu tumpuan kita untuk menanggulangi masalah krisis air di wilayah Selatan adalah  melalui proyek Treng Wilis tersebut, sehingga dukungan dan peran serta masyarakat untuk mensukseskan proyek itu sangat dibutuhkan,"  Sukiman Azmy.(*)

0 ulasan :

Post a Comment

terima kasih karena berkunjung di halaman kami...